MedcoEnergi dan ConocoPhillips Menandatangani Perjanjian Jual Beli PSC South Natuna Sea Block B Featured

Sumber : www.skkmigas.go.id

21 September 2016

Jakarta – Medco Energi Internasional (MedcoEnergi) menandatangani Perjanjian Jual Beli (Sale and Purchase Agreement/SPA) untuk mengakuisisi dua anak perusahaan ConocoPhilips (COP), yaitu ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd. (CIIL) dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte. Ltd. (CSOP), Senin (19/9). Melalui SPA yang diharapkan selesai pada kuartal keempat 2016 tersebut, MedcoEnergi akan menguasai 40% kepemilikannya.

CIIL adalah operator Production Sharing Contract (PSC) South Natuna Sea Block B (SNSB) dan operator West Natuna Transportation System (WNTS). Sedangkan, CSOP mengoperasikan Onshore Receiving Facility (ORF) di Singapura. Infrastruktur WNTS beserta jaringan pipa gas Malaysia memegang peran penting dalam mengkomersialisasikan temuan-temuan minyak dan gas (migas) dan aktivitas eksplorasi yang sedang berlangsung di kawasan Natuna.

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menegaskan, “Sebagai perusahaan minyak dan gas swasta nasional, kami terus mencari kesempatan untuk terus meningkatkan kontribusi MedcoEnergi terhadap perekonomian Indonesia.”

Senada, CEO MedcoEnergi Roberto Lorato mengatakan, “Setelah efektif, akuisisi ini akan memberikan tambahan cadangan migas yang signifikan dan menambahkan produksi tahunan Perseroan lebih dari 35%”.